top of page

Panduan Memilih Powerbank yang Aman untuk Dibawa ke Pesawat

Diperbarui: 22 Jul

Perjalanan udara seringkali membuat khawatir tentang daya baterai perangkat elektronik yang dibawa. Mengingat waktu yang dihabiskan di bandara dan selama penerbangan cukup untung mengurangi pemakaian baterai gadget, rasanya memiliki powerbank yang andal adalah solusi terbaik. Sayangnya, tidak semua powerbank diperbolehkan di pesawat. 


Maka dari itu, agar tidak mengalami masalah saat melakukan perjalanan udara, penting untuk memilih powerbank yang aman dan sesuai dengan aturan maskapai penerbangan. Pada  artikel kali ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda dalam memilih powerbank untuk di pesawat, termasuk tips, dan rekomendasinya.


Aturan Membawa Powerbank di Pesawat

Sebelum membeli powerbank, Anda perlu memahami aturan yang berlaku mengenai membawa powerbank di pesawat. Beberapa aturan umum yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan dan otoritas penerbangan internasional adalah:

  1. Kapasitas Daya

Powerbank dengan kapasitas hingga 100 Wh (watt-hour) biasanya diperbolehkan tanpa persetujuan khusus. Powerbank dengan kapasitas antara 100Wh hingga 160Wh memerlukan persetujuan dari maskapai, sementara powerbank di atas 160Wh umumnya tidak diperbolehkan dibawa ke pesawat.

  1. Bawa di Bagasi Kabin

Powerbank harus dibawa di bagasi kabin dan tidak diperbolehkan di bagasi terdaftar. Hal ini untuk mengurangi risiko kebakaran yang sulit ditangani jika terjadi di kompartemen bagasi.

  1. Jumlah Maksimal

Penumpang biasanya diperbolehkan membawa maksimal dua powerbank dengan kapasitas antara 100Wh hingga 160Wh. Untuk powerbank dengan kapasitas di bawah 100Wh, batasan jumlahnya lebih fleksibel, tetapi tetap disarankan untuk memeriksa aturan maskapai sebelum terbang.

Jadi, bila melihat aturan di atas Anda hanya diperbolehkan untuk membawa saja ke dalam kabin, bukan digunakan atau diperuntukkan mencharge smartphone Anda. Pengisian daya bisa Anda lakukan di bandara baik sebelum maupun setelah penerbangan. 


Fitur dan Spesifikasi Powerbank yang Bisa Dipertimbangkan

Setelah memahami aturan dasar, berikut adalah beberapa fitur dan spesifikasi yang harus Anda pertimbangkan saat memilih powerbank yang aman dan andal untuk dibawa di pesawat:


1. Kapasitas Daya

Pilih powerbank dengan kapasitas daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda namun tetap mematuhi aturan maskapai penerbangan. Powerbank dengan kapasitas 10,000mAh hingga 20,000mAh biasanya cukup untuk mengisi ulang perangkat beberapa kali tanpa melanggar batas kapasitas yang diperbolehkan.

2. Sertifikasi Keamanan

Pastikan powerbank yang Anda pilih memiliki sertifikasi keamanan seperti CE, FCC, dan RoHS. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk tersebut telah memenuhi standar keselamatan dan kualitas internasional. Beberapa powerbank juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti perlindungan dari overcharge, overdischarge, dan short circuit.

3. Port dan Konektivitas

Pilih powerbank dengan beberapa port pengisian untuk mengakomodasi berbagai perangkat. Powerbank dengan port USB-A, USB-C, dan Micro-USB akan memberikan fleksibilitas lebih saat mengisi daya perangkat Anda. Fitur fast charging juga sangat berguna untuk memastikan perangkat Anda dapat diisi ulang dengan cepat.

4. Desain dan Portabilitas

Powerbank yang ringkas dan ringan lebih mudah dibawa selama perjalanan. Desain yang ergonomis juga penting agar powerbank nyaman digenggam dan digunakan. Beberapa powerbank memiliki tampilan LED yang menunjukkan sisa daya, yang sangat membantu saat Anda perlu mengetahui kapan harus mengisi ulang powerbank.

5. Merek Terpercaya

Pilih powerbank dari merek terpercaya yang telah terbukti kualitasnya. Merek seperti Vivan dikenal karena produk powerbank mereka yang andal dan aman. Membeli dari merek terpercaya juga mengurangi risiko mendapatkan produk palsu atau berkualitas rendah.


Memilih powerbank yang tepat memerlukan perhatian terhadap beberapa aspek penting seperti kapasitas daya, kecepatan pengisian, daya tahan, portabilitas, dan kompatibilitas. Dengan mempertimbangkan semua fitur dan spesifikasi tersebut termasuk harga yang terjangkau, Anda dapat menemukan powerbank yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Vivan Powerbank VPB-P20, Rekomendasi untuk Teman Perjalanan Udara



Salah satu powerbank yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Vivan Powerbank VPB-P20. Produk ini menawarkan berbagai fitur canggih dan kompatibilitas yang luas dengan berbagai perangkat, menjadikannya pilihan terbaik untuk menemani bila Anda memiliki perjalanan udara. Hanya di bawa saja ya, namun tidak digunakan selama penerbangan. 


Kapasitas Daya

Vivan Powerbank VPB-P20 memiliki kapasitas 20,000mAh, yang cukup untuk mengisi ulang smartphone beberapa kali. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya selama perjalanan udara yang panjang. Selain itu, powerbank ini sendiri cukup cepat bila diisi ulang, dengan 22.5Watt PD+QC3.0, ada LED juga yang akan menampilkan kapasitas baterai sebagai petunjuk bagi Anda kapan harus melakukan pengisian ulang. 


Port dan Konektivitas

Powerbank ini memiliki beberapa port pengisian, built-in cable lightning dan type-c. Ada juga port USB type A yang memungkinkan Anda melakukan pengisian tidak hanya smartphone, namun juga untuk berbagai perlengkapan dan aksesoris, sehingga Anda bisa segera kembali menggunakan perangkat Anda tanpa harus menunggu lama.


Desain dan Portabilitas

Desain ergonomis dan ringan dari VPB-P20 membuatnya mudah dibawa selama perjalanan, beratnya hanya 369 gram saja. Powerbank ini juga dilengkapi dengan tampilan LED yang menunjukkan sisa daya, sehingga Anda selalu tahu kapan saatnya mengisi ulang powerbank.

 

Keandalan Merek Vivan

Vivan adalah merek yang dikenal dengan produk-produk berkualitas tinggi. Membeli powerbank dari Vivan berarti Anda mendapatkan produk yang telah teruji kualitasnya dan dipercaya oleh banyak pengguna. Vivan Powerbank VPB-P20 adalah salah satu produk unggulan yang menawarkan kombinasi sempurna antara kapasitas, keamanan, dan portabilitas.


Vivan Powerbank VPB-P20 memiliki banyak keuntungan bagi Anda, termasuk flight friendly. Menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi Anda yang mencari powerbank dengan spesifikasi lengkap untuk menemani berbagai perjalanan. 

Apalagi produk ini memiliki garansi 18 bulan! Jadi, jangan ragu untuk memilih VPB-P20 sebagai teman perjalanan Anda dan nikmati kemudahan serta kehandalannya di setiap Anda membutuhkan.

2.226 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page